18 SPA FSPMI Hijrah ke FSPS

Solidaritas.Net, Karawang – Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa (FSPS) yang baru saja berdiri berhasil merekrut 25 Serikat Pekerja Anggota (SPA). 18 di antaranya berasal dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI). Informasi ini dirilis oleh Bidang Pendidikan Ksatria Singaperbangsa, Prian Hermawan, di status Facebook-nya, Kamis (10/10).

Menurut Prian yang dulunya anggota FSPMI PT Panasonic ini, buruh bisa bebas memperjuangkan pelanggaran penempatan buruh kontrak bersama FSPS yang memang memiliki perjuangan penghapusan kontrak yang melanggar Undang-Undang. FSPS tergabung di dalam Aliansi Besar Karawang (ABK).

Sejauh ini, ABK telah berhasil mempermanenkan status lebih dari 5000 buruh di Karawang. Di antaranya buruh kontrak PT JVC sebanyak 726 orang dan buruh kontrak PT Panasonic sebanyak 474 orang diangkat menjadi pekerja tetap. Pengangkatan tersebut mengacu pada ketentuan Undang-Undang yang berlaku.

Di dalam UU No. 13 Tahun 2003 pasal 59 tidak dibenarkan mempergunakan buruh kontrak untuk pekerjaan bukan musiman, bukan produk baru dan yang masa kerjanya di atas tiga tahun. Pasal 52 UU No. 13 Tahun 2003 juga mengamanatkan tidak diperbolehkan membuat perjanjian kerja yang bertentangan dengan kesusilaan, ketertiban umum dan Undang-Undang (jo pasal 1337 KUHPdt).

FSPS yang diketuai oleh Agus Humaedi ini bergabung ke ABK bersama mahasiswa, petani, ormas dan serikat buruh lainnya. Untuk kenaikan upah 2014, ABK mengusung program yang sama dengan FSPMI dan Aliansi Buruh, yakni kenaikan upah sebesar 50%.

Meski FSPMI menolak ABK bergabung dalam Aliansi Buruh Nasional, namun dalam hal program upah 2014, keduanya sama-sama setuju dengan kenaikan upah 50%.

Juru Bicara ABK, Abda Khair Mufti mengumumkan program perjuangan ABK, yakni hapuskan outsourcing, hapuskan sistem kerja kontrak, kenaikan upah 2014 +50%, lawan union busting dan turunkan harga sembako, pada Selasa (1/10) lalu.

Adapun 18 SPA yang bergabung dengan FSPS, yakni sebagai berikut:
1. PUK SPEE FSPMI PT PANASONIC INDUSTRIAL DEVICES
2. PUK SPEE FSPMI PT SHARP SEMICONDUCTOR
3. PUK SPEE FSPMI PT HARMONICS
4. PUK SPEE FSPMI PT CHIYODA
5. PUK SPEE FSPMI PT NAKAJIMA
6. PUK SPEE FSPMI PT WONTI
7. PUK SPEE FSPMI PT PRYSMIAN
8. PUK SPEE FSPMI PT HEXING
9. PUK SPEE FSPMI PT MEGA KARYA
10. PUK SPAI FSPMI PT IWATANI
11. PUK SPAI FSPMI PT ABB
12. PUK SPL FSPMI PT FREYABADI
13. PUK SPL FSPMI PT INDOTAISEI
14. PUK SPAMK FSPMI PT FCC
15. PUK SPAMK FSPMI PT ADYAWINSA STAMPING
16. PUK SPAMK FSPMI PT ADYAWINSA DINAMIKA
17. ANGGOTA PUK SPAMK FSPMI PT YAMAHA 1
18. ANGGOTA PUK SPEE FSPMI PT JVC

(SD)
Filed in: Uncategorized

You might like:

Ini Tuntutan Buruh di Hari Buruh Migran Internasional Ini Tuntutan Buruh di Hari Buruh Migran Internasional
Implementasi UU Ketenagakerjaan terhadap Pekerja Harian Lepas Implementasi UU Ketenagakerjaan terhadap Pekerja Harian Lepas
Tuntut Revisi UMK 2015, Buruh Jabar Kembali Kepung Gedung Sate Tuntut Revisi UMK 2015, Buruh Jabar Kembali Kepung Gedung Sate
Jadi TKW di Kuwait, Nuraini 8 Bulan Disiksa! Hampir 10 Tahun Tak Digaji! Jadi TKW di Kuwait, Nuraini 8 Bulan Disiksa! Hampir 10 Tahun Tak Digaji!

Leave a Reply

Submit Comment

© 2014 Solidaritas.net ~. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
.