Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan

0
Foto ilustrasi. Sumber: treis / pixabay.com

Pengunduran diri berarti pekerja/buruh bersedia keluar dari perusahaan atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan maupun tekanan dari pihak manapun juga. Harus diingat jika pekerja yang mengundurkan diri tidak mendapatkan pesangon atau kompensasi, kecuali uang pisah dan uang pergantian hak yang jumlahnya tidak besar.

Silakan baca terlebih dahulu ketentuan pengunduran diri berikut ini:

Contoh Surat Pengunduran Diri

***

Kepada Yth.,
HRD PT. [Nama Perusahaan]
di [alamat perusahaan]

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama:
NIK:
Jabatan:
Alamat:

Dengan ini saya mengajukan permohonan pengunduran dari [Nama Perusahaan] dengan alasan sendiri yang sesuai ketentuan Pasal 162 UU Nomor 13 Tahun 2003 dan peraturan yang berlaku di perusahaan dengan tanggal efektif pengunduran diri terhitung mulai tanggal 21 September 2020.

Demikian surat pengunduran diri saya ajukan 30 hari sebelumnya secara sukarela dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun juga. Atas perhatiannya, saya sampaikan terima kasih.

Jakarta, 20 Agustus 2020
Hormat Saya,

 

Muhaimin

***

Lihat format pdf suratnya di Contoh Surat Pengunduran Diri

Beberapa tips yang perlu diperhatikan:

  1. Buat pengunduran diri yang singkat, padat dan jelas, serta tidak bertele-tele. Tidak perlu menjelaskan panjang lebar dan banyak berbasa-basi dengan informasi yang tidak penting;
  2. Jika Anda merasa perusahaan berkontribusi bagi perkembangan Anda, maka dapat mencantumkan ucapan terima kasih, contohnya: “Saya juga mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di perusahaan ini yang telah memberikan saya kesempatan untuk berkembang dan maju.”
  3. Jika Anda merasa perlu untuk memberikan alasan pengunduran diri, maka Anda dapat menambahkan sebagai berikut: “Adapun alasan pengunduran diri saya adalah untuk membantu mengurus usaha keluarga.” atau “Adapun alasan pengunduran diri saya adalah untuk mengurus keluarga”. Sebenarnya alasan-alasan ini tidak terlalu perlu karena dapat Anda sampaikan langsung secara lisan, cukup mencantumkan “dengan alasan sendiri” sudah memenuhi ketentuan yang berlaku.
* Ingin bergabung menjadi anggota serikat buruh? Hubungi FSEDAR di WhatsApp: +62 877-8801-2740
** Lihat cara berkontribusi di Solidaritas.net di Kontribusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *