Kelas Pekerja Jerman Dukung Mogok Kerja Buruh AICE

0
Massa aksi buruh es krim AICE demo dan mogok depan pabrik AICE, PT. Alpen Food Industry (Foto/F-SEDAR)

Solidaritas.net – Pekerja gudang Opel/Vauxhall in Bochum, Jerman mendukung pemogokan ratusan buruh es krim AICE, PT. Alpen Food Industry (PT. AFI). Salah satu isu yang disoroti adalah terkait buruh hamil yang bekerja pada shift malam.

Kabar pemogokan buruh AICE selama 30 hari kerja (mulai 21 Februari-30 Maret 2020) itu diketahui sewaktu Konferensi Pekerja Otomorif kedua di Afrika Selatan bulan lalu.

“Kami telah diberitahukan mengenai pemogokan dan perjuangan melawan kondisi kerja yang tidak manusiawi, ketika kami mengambil bagian dari konferensi pekerja otomotif kedua di Afrika Selatan bulan lalu,” ujar Steffen Reichelt, Anggota Dewan Pekerja di gudang Opel/Vauxhall in Bochum, Jerman, melalui surat yang terbit di fsedar.org, media kelas pekerja Federasi Serikat Buruh Demokratik Kerakyatan (F-SEDAR).

Dalam surat itu,  perwakilan pekerja, Steffen mengatakan hal itu berhubungan dengan Hari Perempuan Sedunia atau International Women’s Daya (IWD) 8 Maret kemarin, khususnya tuntutan untuk melindungi pekerja hamil membutuhkan dukungan dari seluruh dunia.

“Kami menyampaikan solidaritas kami pada kalian dan kampanye kalian, dan menyatakan segala bentuk penindasan pemerintah melawan kalian dan serikat kalian tidak dapat diterima oleh kami dan kawan-kawan kami di Jerman,”

Perlu diketahui, Juru Bicara F-SEDAR, Sarinah juga turut hadir dalam Konferensi Konferensi Pekerja Otomorif Internasional Kedua yang digelar pada Februari lalu.

* Ingin bergabung menjadi anggota serikat buruh? Hubungi FSEDAR di WhatsApp: +62 877-8801-2740
** Lihat cara berkontribusi di Solidaritas.net di Kontribusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *