PT ASAHIMAS CHEMICAL

PT Asahimas Chemical

PT Asahimas Chemical merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri kimia dengan bentuk perusahaan penanaman modal asing (PMA). ASC berdiri pada tahun 1986 namun mulai beroperasi pada tahun 1989.

Saat ini ASC memiliki kemampuan untuk memproduksi beragam produk untuk memenuhi kebutuhan industri kimia serta kebutuhan industri lainnya seperti:

  • Kasutik Soda (Cauistic Soda, NaOH)
  • Natrium Hipoklorit (Sodium Hypochlorite, NaClO)
  • Klorin (Chlorine, Cl2)
  • Etilen Diklorida (Ethylene Dichloride, EDC)
  • Asam Klorida (Hydrochloric Acid. HCl)
  • Polivinil Klorida (Polyvinyl Chloride)
  • Dan Vinil Klorida (Vinyl Chloride Monomer, VCM)

Kepemilikan saham perusahaan dipegang oleh tiga perusahaan antara lain adalah PT Rodas (Indonesia), Asahi Glass Company (Jepang), Mitsubishi Coorporation (Jepang), dan Benny Suherman (Indonesia).

Saat ini ASC memiliki tiga jenis pabrik yang dibangun di komplek produksi dan luasnya mencapai 91 hektar yang berada di Cilegon, Banten.

ASC beroperasi dengan menggunakan Distributed Control System sehingga diklaim dapat menghasilkan produk-produk yang memiliki kualitas tinggi. ASC berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan kedepannya dengan memanfaatkan teknologi dan pengetahuan terkini.

Perusahaan ini memiliki visi menjadi perusahaan industri kimia global yang diandakan serta dapat menjadi persembahan untuk kesejahteraan masyarakat serta kebaikan untuk semua stakeholders.

Perusahaan ini berharap konsumen mengandalkan keahlian perusahaan untuk dapat memberikan produk-produk kimia yang memiliki kualitas tinggi dan secara berkesinambungan dapat meningkatkan kenyamanan hidup masyarakat.

Perusahaan ini menyatakan menerapkan konsep untuk membuat kepuasan pelanggan sebagai dasar seluruh kegiatan perusahaan. Untuk menjadi perusahaan yang berskala global, ASC juga menerapkan standar internasional pada bidang manajemen serta produksinya.

Sementara itu, misi perusahaan ditetapkan sebagai berikut:

Untuk menjadikan ASC sebagai perusahaan global, perusahaan menerapkan hal-hal berikut dalam setiap aktivitasnya:

  • Mengembangkan bisnis multi lateral dengan menggunakan Caustic Soda dan PVS sebagai produksi utama
  • Memperkuat teknologi dan pemasaram produk untuk menghasilkan produk-produk kimia yang memiliki kualitas tinggi, aman, dan kompetitif.
  • Meningkatkan keuntungan perusahaan untuk kualitas hidup karyawan yang nantinya dapat bermanfaat untuk pemegang saham.
  • Menciptakan manajemen perusahaan yang cerdas dan responsive.
  • Ikut berkontribusi dalam pemeliharaan keselamatan serta pemeliharan lingkungan.
  • Dalam skala internasional membantu untuk perkembangan sistem manajemen perusahaan yang dapat diterima serta mempromosikan pengembangan SDM.

Pada tahun 2016 PT Asahimas Chemical menggelontorkan investasi sebesar US$885 juta untuk memperluas pabrik kimia dan pembangunan pembangkit listrik tenaga uap berkapasitas 300 MW di Cilegon.

Loker

(informasi belum tersedia)

Alamat

PT ASAHIMAS CHEMICAL
Logo perusahaan
Kantor Pusat:

Gedung Summitmas 2 Kav 61-62, Jl. Jend. Sudirman, RT.5/RW.3, Senayan, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12190, Telepon: (021) 5201227

Pabrik di Cilegon:

JL. Raya Anyer, Km 122, Gunungsugih, Cilegon, Kota Cilegon, Banten 42447

Website

https://www.asc.co.id/

Kondisi Kerja

  • Pada 22 Maret 2017 Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Imigrasi Kelas II Cilegon melakukan inspeksi mendadak tenaga kerja asing (TKA) di PT Asahimas Chemical di Cilegon, karena adanya laporan dari masyarakat. Ditemukan 24 TKA asal Taiwan yang termasuk sebagai tenaga kerja ahli dengan izin tinggal terbatas.
  • Pada 12 Februari 2018 terjadi kecelakaan kerja di gedung turbin generator MMC Room 1 PP-MDP-TG-02 panel di area proyek PT Asahimas Chemical. Korban berinisial IS, pekerja PT Tiga Kreasi (perusahaan subkontraktor), tersetrum saat memperbaiki generator hingga meninggal dunia.

Berkomentar