PT. EMBLEM ASIA

0
Ilustrasi pabrik. Pixabay.

PT. Emblem Asia adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi plastik kemasan yang merupakan hasil kerjasama antara Unitika Ltd, PT. Graha Karya Upaya Mandiri dan Marubeni di tahun 1995.

Plastik kemasan diproduksi menggunakan teknologi biaksial, sehingga menghasilkan nylon film berkualitas. Hasil produksi Emblem Asia berhasil membuka pasar plastik kemasan lebih luas. Nylon film PT. Emblem Asia bisa digunakan untuk mengemas berbagai macam produk, seperti makanan beku.

Penggunaan teknologi biaksial pertama kali dimulai pada tahun 1997. Di bawah naungan Unitika Ltd, PT. Emblem berhasil menyuplai kebutuhan plastic kemasan ke berbagai negara di kawasan Asia dan Oceania.

Ada beberapa macam nylon film yang diproduksi oleh PT. Emblem Asia, seperti Emblem 1500, Emblem 2500, Emblem 1500 – 2500 BC, dan Emblem 1500M – 2000M. Semua produk telah menerapkan teknologi biaksial yang dikembangkan oleh Unitika Ltd.

Unitika Ltd diketahui sebagai perusahaan pertama di dunia yang berhasil mengembangkan teknologi tersebut. Dengan sistem produksi terpusat di China dan Indonesia, Emblem Asia yakin mampu menembus pasar dunia. Kebutuhan plastik kemasan diyakini bakal terpenuhi oleh PT. Emblem Asia dalam beberapa tahun ke depan.

Unitika Ltd telah beroperasi sejak tahun 1968 dalam memproduksi nylon film berorientasi biaksial. Di tahun 1985, Unitika berhasil menjalin kerjasama dengan Allied Signal, Amerika Serikat. 3 tahun kemudian, tepatnya 1988, Unitika mengembangkan produksinya ke Italia. Saat itu, Unitika berhasil menjual produknya ke Italia dibawah perusahaan Emblem Europe. Unitika juga berhasil mendapat lisensi dari SNIA Italia.

Sepak terjang Unitika dalam memproduksi nylon film akhirnya berkembang hingga ke daratan Asia. Bersama dengan 2 perusahaan lainnya, Unitika Ltd membuka PT. Emblem Asia untuk memenuhi pasar dunia.

Perusahaan Emblem Asia berlokasi di MM 2100 Industrial Town Blok T-3 Cikarang Barat, Bekasi. Berdasarkan pantauan dari Jobstreet, PT. Emblem Asia berhasil mengantongi 4.4 bintang dari 13 pengulas. Ulasan positif berasal dari work and life balance serta working environment. Keduanya mendapat 4 bintang dari para pengulas. Ini menandakan lingkungan kerja yang cenderung nyaman untuk siapapun.

Level stres pekerja masih dalam kategori standar atau rata-rata. Management PT. Emblem Asia pun mendapat 3.9 dari 5 bintang. Sistem manajemen serta upah yang diberikan dirasa cukup oleh para pekerja. Berdasarkan testimoni yang disampaikan, pekerja menemukan kenyamanan di PT. Emblem Asia.

Sumber:

http://emblem-asia.com/index.php?option=com_content&view=frontpage&Itemid=1

https://www.jobstreet.co.id/en/companies/724196-pt-emblem-asia/reviews

https://www.referenceforbusiness.com/history2/85/Unitika-Ltd.html

* Ingin bergabung menjadi anggota serikat buruh? Hubungi FSEDAR di WhatsApp: +62 877-8801-2740
** Lihat cara berkontribusi di Solidaritas.net di Kontribusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *