PT. Enkei Indonesia

perusahaan enkei
Foto: Ronald (Google Image)

PT Enkei Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur dan penjualan velg ban berbahan aluminium untuk kendaraan roda 4, sepeda motor, dan berbagai macam bagian mesin. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari Enkei Corporation yang kantor pusatnya berada di Shizuoka, Jepang.

Perusahaan ini juga disebut sebagai perusahaan penanaman modal asing (PMA) di bawah naungan perusahaan induknya. Enkei Indonesia berdiri pada bulan Mei 1995 dan masih beroperasi di kawasan Cikarang Selatan, Bekasi.

Bisnis Enkei Indonesia lebih fokus pada industri dan pemasaran produk-produk aluminium casting. Produk jadinya berupa velg kendaraan yang dipasarkan dengan merek ENKEI. Selain Indonesia, Enkei juga telah menjangkau pasar global yang ada di Asia, Amerika, dan Eropa.

Sama seperti perusahaan lainnya, Enkei Indonesia dan Enkei Corporation juga memiliki nilai khusus dan moto yang mereka gunakan dalam menjalankan kegiatan operasional bisnis mereka setiap hari.

Seperti dikutip pada situs resmi mereka, Enkei Corporation menggunakan tagline “One Step Forward”. Kalimat tersebut diklaim menunjukkan bagaimana Enkei selalu menjawab tantangan global dan mampu memenuhi tuntutan pasar akan velg ban berkualitas tinggi dan selalu memiliki inovasi-inovasi terbaru.

One Step Forward dijadikan pedoman bagi Enkei untuk selalu berani mengambil satu Langkah di depan dibanding para pesaingnya, berupaya melampaui ekspektasi pasar dan para pelanggan, termasuk mereka yang selalu menuntut yang terbaik dari perusahaan ini.

Baca juga: PT. Kyosha Indonesia

Jika Enkei Indonesia baru berdiri pada tahun 1995, maka perusahaan induknya yaitu Enkei Corporation memiliki sejarah yang lebih panjang dari itu. Enkei Corporation didirikan di Shizuoka, Jepang pada 5 Oktober 1950 dan pada tahun 2018 tercatat memiliki 8.160 orang karyawan. Sejak awal pendiriannya, perusahaan ini memfokuskan pada manufaktur velg ban untuk sepeda motor dan mobil penumpang.

Sejak awal pendiriannya, Enkei terus diarahkan menjadi perusahaan velg dengan kualitas terbaik dan memberikan inovasi-inovasi baru pada para pebalap top dan pemerhati mobil agar memenangkan pasar. Sebagai perusahaan yang memproduksi velg kendaraan, Enkei mengibaratkan pentingnya velg dan roda bagi mobil dan motor seperti pakaian bagi manusia.

Enkei mempengaruhi pasar velg dengan berpartisipasi dalam arena balapan tingkat dunia seperti Formula 1. Enkei merupakan supplier magnesium ringan bagi tim McLaren Honda. Sejak tahun 1995, Enkei telah menjadi Official Supplier bagi tim McLaren F1.

Enkei Indonesia merupakan satu dari puluhan cabang perusahaan Enkei yang tersebar di seluruh dunia. Untuk Kawasan Asia Tenggara ada Enkei Indonesia, Enkei Thai Mouldings, Enkei Malaysia, Enkei Philippines, dan Enkei Vietnam.

Sementara itu Enkei juga memiliki beberapa anak perusahaan di Asia yaitu Enkei Wheels India, Enkei Mouldings China, Enkei Aluminum Products China, Enkei dan Zhongnan China. Enkei juga menjangkau pasar Amerika dengan 3 cabang perusahaan di negeri Paman Sam tersebut antara lain Enkei America, Enkei America Mouldings, dan Enkei Florida. Di negara asalnya yaitu Jepang, Enkei memiliki 13 cabang perusahaan yang tersebar di berbagai wilayah.

Alamat

Kawasan Bekasi International Industrial Estate (BIIE) No.C11-8 Cikarang Selatan Cibatu Cikarang Selatan Bekasi 17550, Jl. Inti II, Cibatu, Cikarang Sel., Bekasi, Jawa Barat 17530, Telepon: 021 8973317, Fax: 021 8973321, Email: info@enkei.co.id

Website

https://www.enkei.co.id/ (Indonesia)

https://enkei.com/ (global

Perburuhan

Serikat buruh di PT. Enkei Indonesia adalah Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI). Salah satu berita penting mengenai buruh Enkei adalah buruh Enkei berpartisipasi dalam mogok nasional pada 31 Oktober 2013 yang berakhir bentrok dengan ormas, sehingga mengakibatkan kurang lebih 15 buruh terluka. Motor buruh juga dirusak.

Sumber berita: 

https://www.beritasatu.com/megapolitan/148477-korban-bentrok-buruh-dengan-ormas-minta-perlindungan-lpsk, diakses 2 Agustus 2013.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Solidaritas.net
Average rating:  
 0 reviews
* Ingin bergabung menjadi anggota serikat buruh? Hubungi FSEDAR di WhatsApp: +62 877-8801-2740
** Lihat cara berkontribusi di Solidaritas.net di Kontribusi
Informasi pada KONDISI KERJA dapat diulas, diberikan penilaian dan digunakan sebagai informasi untuk membantu advokasi perburuhan, serta mungkin tidak akurat, sehingga harus diperbarui.