PT. Fajar Surya Wisesa Tbk

Sumber foto: Google Image

PT Fajar Surya Wisesa atau yang juga dikenal dengan FajarPaper adalah sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang produksi kertas kemasan. Kantor pusatnya berada di Jakarta, Indonesia serta satu cabang yang berlokasi di Kawasan Driyorejo, Gresik, Jawa Timur.

Perusahaan ini didirikan pada 29 Februari 1988 sebagai perseroan terbatas oleh Winarko Sulistyo dan Airlangga Hartarto. Setelah berdiri selama lebih dari 30 tahun, perusahaan ini kini memiliki 6 buah mesin kertas dengan kapasitas produksi mencapai 1 juta ton kertas setiap tahunnya. Beberapa produk kertas kemasan yang dihasilkan oleh perusahaan ini antara lain adalah Kraft-liner Board, Corrugated Medium Paper, dan Coated Duplex Board.

Masing-masing jenis kertas yang diproduksi oleh Fajar Paper memiliki kegunaan yang berbeda.

  • Kraft-liner Board (KLB) dan Corrugated Medium Paper (CMP) digunakan untuk bahan pembuat kotak kemasan.
  • Coated Duplex Board (CDB) digunakan sebagai bahan pembuat kotak kemasan untuk display.

Kini Fajar Paper menjadi salah satu produsen kertas terkemuka di Indonesia dengan total produksi sebesar 1,3 juta metrik ton per tahun.

Dilansir dari situs idnfinancials.com, FajarPaper dikuasai oleh para pemilik saham dengan daftar sebagai berikut:

  • SCGP Solutions (Singapore) Pte Ltd dengan 1.368.663.916 lembar saham bernilai Rp684.331.958.000 atau persentase 55,23%;
  • PT. Intercipta Sempana dengan 1.102.069.224 lembar saham bernilai Rp551.034.612.000 atau persentase 44,48%;
  • Public (each below 5%) dengan 7.155.647 jumlah saham bernilai Rp3.577.823.500 atau persentase 0,29%.

Dalam menjalankan usahanya, Fajar Paper mengklaim memiliki visi dan misi yang berguna sebagai pedoman dalam operasional bisnis, juga untuk membangun kondisi internal perusahaan yang harmonis, serta memperhatikan aspek lingkungan dalam menjalankan bisnisnya.

Seperti dikutip dari situs resmi perusahaan, berikut adalah visi dan misi Fajar Paper

Visi: Menjadi perusahaan kertas kemasan berskala dunia yang meningkatkan nilai dan kualitas produknya melalui proses manufaktur dengan daur ulang secara bertanggung jawab dan berkesinambungan.

Misi: Mempertahankan posisi sebagai salah satu produsen kertas kemasan terdepan di Indonesia dengan memanfaatkan peluang dan permintaan untuk produk konsumen dan industri baik di Indonesia maupun di Kawasan sekitarnya.

Fajar Paper memiliki program CSR (Corporate Social Responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan. Program CSR Fajar Paper memiliki dua sasaran utama, yaitu lingkungan dan komunitas.

Tanggung jawab kepada lingkungan dijalankan Fajar Paper dengan membantu daur ulang 3.500 ton kertas setiap harinya dan menggunakan hasil daur ulang tersebut sebagai bahan utama produksi mereka. Penggunaan kertas daur ulang bertujuan untuk mengurangi kerusakan hutan yang menjadi salah satu isu global.

Melalui penggunaan bahan daur ulang, Fajar Paper mengklaim berkontribusi dalam mengurangi limbah kertas yang bisa membahayakan lingkungan. Kontribusi lain yang diklaim dilakukan oelh Fajar Paper melalui pendaurulangan kertas adalah memberdayakan masyarakat dengan cara membeli kertas daur ulang dari para pemulung.

Tanggung jawab sosial kepada masyarakat dilakukan Fajar Paper terhadap masyarakat sekitar tempat dimana mereka melangsungkan kegiatan usaha. Sebagai bagian dari komunitas, Fajar Paper melakukan beberapa program seperti:

  • Donasi untuk masyarakat sekitar di Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha
  • Donasi kepada anak yatim piatu untuk kesejahteraan mereka
  • Program Sunat gratis bagi anak laki-laki di desa sekitar
  • Donasi kepada siswa sekolah setempat dalam bentuk alat tulis
  • Beasiswa kuliah bagi anak-anak karyawan Fajar Paper
  • Donor darah yang dilakukan oleh karyawan Fajar Paper
  • Donasi istimewa bagi keluarga sekitar yang kurang mampu.

Fajar Paper mengambil bagian dalam kegiatan sosial berskala besar seperti donasi untuk korban tsunami Aceh pada 2004, bekerja sama dengan bank HSBC dalam program Pembangunan Perumahan di Yogyakarta, dan kerjasama dengan Standard Chartered Bank untuk perawatan bagi orang tuna netra.

Produsen kerta PT Fajar Surya Wisesa Tbk yang berkode FASW ini pada tahun 2019 meraup penjualan bersih Rp8,27 triliun yang mengalami penurunan 16,8% dari tahun sebelumnya. Perolehan laba tercatat Rp968,83 miliar yang dibagikan sebesar 47,06 persen atau Rp455,93 miliar kepada para pemegang saham.

Namun, perusahaan ini juga pernah bermasalah dengan masyarakat Kampung Jati yang berlokasi di Desa Burangkeng, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi karena diduga membuang sampah di kampung tersebut dengan cara dikuburkan di dalam tanah. Menurut Gerakan Pemuda Pemerhati Lingkungan Hidup (GP2LH), sampah pabrik pengolahan kerta juga dibuang di bantaran kali Cikarang Bekasi Laut (CBL) dan wilayah Desa Sukajadi, Kecamatan Sukakarya.

Alamat

Pabrik
Jl. Raya Imam Bonjol No.19, Kalijaya, Kec. Cikarang Bar., Bekasi, Jawa Barat 17530

Kantor Pusat
Jln. Abdul Muis 30, Jakarta Pusat 10160, Indonesia.
Tel  +62 21 344 1316 – 344 8887
Fax +62 21 345 7643 – 344 8889

Website

http://www.fajarpaper.com/

Perburuhan

  • Pada September 2012, ribuan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) melakukan aksi di depan pabrik Fajar Paper memprotes surat peringatan secara sepihak yang diberikan kepada ketua serikat pekerja. **

Sumber berita

  • https://www.jurnalmetro.com/demo-ribuan-buruh-pt-fajar-paper-terkait-surat-peringatan/, diakses 4 Agustus 2020;
  • https://bekasi.pojoksatu.id/baca/parah-pt-fajar-paper-buang-sampah-sembarangan-di-lingkungan-warga, diakses 4 Agustus 2020.
Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Solidaritas.net
Average rating:  
 0 reviews
* Ingin bergabung menjadi anggota serikat buruh? Hubungi FSEDAR di WhatsApp: +62 877-8801-2740
** Lihat cara berkontribusi di Solidaritas.net di Kontribusi