PT KEIHIN INDONESIA

Keihin Indonesia adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi komponen kendaraan bermotor, produk daya dan produk otomotif. Salah satu produk yang paling terkenal adalah karburator dan throttle body

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2003 di Cikarang, Kabupaten Bekasi yang merupakan bagian dari Keihin Corporation yang berdiri sejak tahun 1956 di Jepang dengan nama Keihin Seiki Manufacturing Co., Ltd.

Keihin mengoperasikan 31 pabrik produksi di 15 negara di seluruh dunia sejalan dengan perluasan bisnis kendaraan mobil dan motor dan operasi bisnis pada umumnya.

Keihin Indonesia ikut dimiliki oleh salah satu pabrikan motor terbesar di Indonesia, Honda, yang juga ikut memiliki saham perusahaan Showa dan Nissin.

PT Keihin Indonesia tersandung kasus hukum pada tahun 2018. Pada 23 Oktober 2018, PT Kaintai Logam Kencana melaporkan PT Keihin Indonesia ke Polresta Bekasi karena PT Keihin Indonesia dinilai telah melanggar kerja sama dengan memberikan pengolahan limbah kepada pihak ketiga, sedangkan menurut PT KLK, pihaknya telah melakukan pembayaran sebesar Rp200 juta sebagai deposit atau jaminan. Namun pada 22 Oktober 2018, PT KLK menerima surat pemutusan kerja sama sepihak dari PT Keihin Indonesia per 10 Oktober 2018, sedangkan uang deposit tersebut tidak dikembalikan. Karena permasalahan ini, ormas Gabungan Inisiatif Barisan Anak Siliwangi (GIBAS) melakukan unjuk rasa beberapa kali di depan perusahaan.

Kasus lainnya adalah direktur PT Keihin Indonesia, Ahyar Ruhiyat diperiksa sebagai saksi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi pada 7 Oktober 2018 terkait kasus pencucian uang yang diduga dilakukan oleh Bupati Karawang Ade Swara dan isterinya.

Alamat:

Pabrik Plant 1: Kawasan Industri MM2100, Blok JJ-1 Cikarang Barat, Bekasi 17520 INDONESIA, TEL.+62-21-8998-1645

Pabrik Plant 2: Jl.Akses Tol Kalihurip No.1 Desa.Kalihurip Kec.Cikampek Kab.Karawang 41373 INDONESIA, TEL.+62-264-828-7140

Website

PT Keihin Indonesia

Kondisi Kerja

Di situs Jobstreet, PT Keihin Indonesia termasuk dalam perusahaan yang berukuran mempekerjakan karyawan 1001 sampai 2000 pekerja, dengan waktu bekerja regular Senin sampai Jumat, serta menyediakan tunjangan berupa penglihatan, kesehatan dan tunjangan olahraga.

Komitmen

Dalam Hak Asasi Manusia, Keihin Corporation berkomitmen melarang segala bentuk diskriminasi dan praktik-praktik perburuhan yang tidak adil.

“I will not discriminate against another based on birth, nationality, thought or creed, religion, gender, race, tribe, age, physical/mental disability, illness history, education, societal status, etc. I will respect individual’s rights and strive to protect individual privacy.” (Kami tidak mendiskriminasi terhadap orang lain berdasarkan kelahiran, kewarganegaraan, pemikiran atau kepercayaan, agama, gender, ras, suku, umur, disabilitas fisik/mental, riwayat penyakit, pendidikan, status sosial dan sebagainya. Kami menghormati hak-hak individu dan berusaha melindungi privasi individu)

“I will not carry out child labor, forced labor or any other wrongful treatment or acts including harassment in the workplace.” (Kami tidak menggunakan buruh anak, buruh kerja paksa atau segala bentuk perlakuan atau perbuatan yang tidak benar, termasuk pelecehan di tempat kerja)

https://www.keihin-corp.co.jp/english/company/declaration.html#sen7

Ketenagakerjaan

Dilansir dari situs Republika, Pada tahun 2015, terjadi dugaan kasus penipuan yang mengatasnamakan PT Keihin Indonesia yang mengakibatkan pelamar tenaga kerja mengalami kerugian puluhan juta rupiah. Para korban mengaku ditipu oleh seorang oknum bernama Indra Purnomo yang mengaku berasal dari pengurus partai. Para korban dijanjikan masuk ke PT Keihin Indonesia asalkan membayar uang jasa rekrutmen sebesar Rp2 juta. Hal ini tentu saja sangat merugikan para pencari kerja dan nama baik perusahaan.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Solidaritas.net
Average rating:  
 0 reviews