PT. Kyosha Indonesia

Foto Teri Rustandi pada Google Map

PT. Kyosha Indonesia adalah sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang produksi printed circuit board atau papan sirkuit cetak untuk berbagai keperluan listrik yang terkemuka. Perusahaan ini memiliki basis produksi di tiga negara di Asia yaitu Jepang sebagai pusatnya, Cina, dan di Indonesia. Kyosha telah membentuk jaringan global yang luas sebagai bentuk komitmen untuk para pelanggan yang tersebar di seluruh dunia.

Kyosha Indonesia sendiri merupakan joint venture antara Kyosha Co.,Ltd. dengan PT Multi Usaha Wisesa. Saat ini Kazuhide Watanabe menduduki jabatan sebagai presiden direktur sedangkan posisi sales manager ditempati oleh Masatsugu Suwa. PT Kyosha Indonesia berdiri 7 Juli 1994. Saat ini jumlah aset menjadi $7 juta dengan kapasitas produksi papan sirkuit satu sisi sebanyak 150 ribu kubik per bulan.

Produk-produk Kyosha paling sering digunakan dalam bidang-bidang seperti otomotif, keperluan audio dan visual, alat-alat elektronik, peralatan kantor, komponen elektronik, serta bidang kesehatan dan hiburan.

Kyosha Indonesia merupakan satu dari dua cabang luar negeri dengan induk perusahaan yang bernama Kyosha Co., Ltd. Perusahaan induk Kyosha didirikan pada tanggal 14 Februari 1959 di kota Kyoto. Hingga saat ini, kantor pusat Kyosha masih berada di kota tersebut. Total modal yang dimiliki Kyosha Jepang saat ini adalah 1,1 milyar yen Jepang atau sekitar 147 milyar rupiah.

Filosofi Manajemen

Untuk mendapatkan kepercayaan dari para pelanggannya dan terus membangun reputasi yang baik di seluruh dunia, manajemen Kyosha mengklaim memegang filosofi sebagai berikut:

  • Menciptakan kemakmuran masyarakat melalui bisnis yang dijalankan oleh perusahaan.
  • Berkontribusi pada perkembangan teknologi.
  • Berupaya mengembangkan diri sebagai perusahaan yang terpercaya.
  • Mengatasi semua kesulitan dengan tekad dan ketangguhan.
  • Mengembangkan sumber daya manusia dengan semangat kemanusiaan.
  • Menciptakan perusahaan yang bertanggung jawab pada masa depan.

Kebijakan Manajemen Dasar

Sebagai salah satu pemain dalam pasar global, Kyosha Group menempatkan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama mereka dan dengan tujuan utama pertumbuhan berkelanjutan dengan peningkatan sistem manajemen. Untuk mencapai tujuan tersebut, Kyosha Group memiliki beberapa kebijakan besar yaitu:

  1. Dalam setiap aktivitas bisnis yang dijalankan, “menjamin keselamatan, mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku, dan proteksi terhadap lingkungan” menjadi prioritas yang paling utama.
  2. Kyosha Group akan terus mendedikasikan diri pada pengembangan teknologi terbaru dan metode-metode terbaru serta peningkatan kualitas sebagai respon atas tuntutan konsumen.
  3. Mengkonsentrasikan sumber daya manajemen dalam bidang-bidang yang semakin memperkuat posisi perusahaan.

Strategi Kunci

Dalam menjalankan aktivitas bisnis, Kyosha Group mengklaim menjalankan strategi kunci yang dibagi ke dalam 6 aspek berbeda, yaitu:

  • Strategi penjualan dan produksi global

Elektrifikasi, konversi EV, kecanggihan dalam bidang otomotif serta alat elektronik rumah tangga dan peralatan industri telah menciptakan pasar persaingan baru. Kyosha Group terus membuat inovasi-inovasi terbaru dalam upaya merespon kebtuuhan pasar dengan memperluas jaringan penjualan secara global. Untuk mencapai tujuan ini, Kyosha Group memanfaatkan teknologi unik mereka dan solusi-solusi atas permasalahan produk yang ditemukan.

  • Strategi kolaborasi bisnis

Tingginya tuntutan pasar yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti diversifikasi kebutuhan konsumen dan kecanggihan teknologi membuat Kyosha Group harus menjalin hubungan kerjasama dengan supplier bahan baku, atau perusahaan lain dalam industri yang sama dalam pemecahan masalah.

Dengan membangun dan memperluas kerjasama dengan berbagai perusahaan di bidang masing-masing, Kyosha Group bertujuan untuk memperkuat posisinya dalam persaingan, mengembangkan pasar yang baru, serta mengembangkan bisnis-bisnis yang baru.

  • Strategi efisiensi

Kondisi pasar yang kini tanpa batas membuat para konsumen menuntut respons yang cepat. Untuk dapat memenuhi semua kebutuhan dan tuntutan konsumen setia mereka, Kyosha Group tidak hanya memaksimalkan sistem produksi global tetapi juga mulai menerapkan sistem otomasi untuk mengoptimalkan biaya produksi. Dengan cara ini, Kyosha Group berupaya untuk memperkuat semua kekuatan mereka.

  • Strategi teknologi

Kebutuhan pasar akan teknologi listrik juga ikut berkembang, membuat Kyosha Group membangun sistem produksi massal yang memproduksi board berukuran mini yang berbiaya rendah dan teknologi yang mereka miliki. Diferensiasi dilakukan oleh Kyosha Group melalui penciptaan produk-produk baru melalui teknologi terbaru yang mereka kembangkan.

  • Strategi finansial

Dalam aspek finansial, Kyosha Group meningkatkan prioritas investasi demi perkembangan bisnis di masa depan dengan sasaran perkembangan berkelanjutan dan memberikan keuntungan kepada pada pemegang saham.

  • Strategi sumber daya manusia

Kyosha Group menguatkan status corporate governance system dan sistem pengembangan sumber daya manusia yang terus ditingkatkan hingga saat ini. Dengan berbagai implementasi program yang diterapkan, Kyosha Group bertujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan dengan mendemonstrasikan kekuatan dan kelebihan dari setiap pekerja.

Lihat juga: PT. Shindengen Indonesia

Alamat

Jl.Palem 2 Blok DS No.12,Lippo Cikarang,Kel. Cibatu,Kec. Cikarang Selatan,Bekasi,Jawa Barat 17550
Nomor Telepon 021-8972152
Fax 021-8972155
Email: kaneko@kyosha.co.id

Website

http://www.kyoshaindonesia.com/

Website global
https://www.kyosha.co.jp/

Perburuhan

Di PT. Kyosha Indonesia terdapat Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Elektronik Elektrik Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPEE FSPMI) PT. Kyosha Indonesia. Buruhnya pernah terlibat dalam penolakan terhadap PP No. 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan dalam aksi pada 5 Februari 2016, karena PP Pengupahan menurunkan daya beli buruh, sehingga menurun pula pembelian terhadap barang-barang elektronik, yang mengakibatkan menurunnya order ke perusahaan elektronik, termasuk PT. Kyosha Indonesia.

PT. Kyosha Indonesia termasuk dalam 28 perusahaan di Bekasi yang melayangkan gugatan terhadap Peraturan Daerah Kabupaten Bekasi No. 4 Tahun 2016 tentang Ketenagakerjaan, pada tahun 2018. Mahkamah Agung menolak gugatan tersebut melalui Putusan Nomor 67 P/HUM/2018 pada 18 Desember 2018, dengan alasan dalil-dalil permohonan Para Pemohon tidak beralasan hukum.

***

Sumber

  • https://www.tribunnews.com/bisnis/2016/02/05/pp-pengupahan-bikin-nasib-buruh-kian-terpuruk, diakses 12 Juli 2020
Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Solidaritas.net
Average rating:  
 0 reviews
* Ingin bergabung menjadi anggota serikat buruh? Hubungi FSEDAR di WhatsApp: +62 877-8801-2740
** Lihat cara berkontribusi di Solidaritas.net di Kontribusi
Informasi pada KONDISI KERJA dapat diulas, diberikan penilaian dan digunakan sebagai informasi untuk membantu advokasi perburuhan, serta mungkin tidak akurat, sehingga harus diperbarui.