PT. Multistrada Arah Sarana

pabrik multistrada
Foto: Fikri Firdaus (Google Images)

PT Multistrada Arah Sarana atau yang sering disebut dengan MASA merupakan sebuah perusahaan manufaktur ban asal Indonesia yang dulunya bernama PT Oroban Perkasa. Perusahaan ini berdiri sejak 28 Mei 1988 berdasarkan akta Perseroan Terbatas No. 63 Tahun 1988. Area pemasaran produk perusahaan ini sudah merambah pasar ekspor dengan menjual produk ban buatan mereka sendiri yang dipasarkan di bawah nama Achilles dan Corsa.

Di awal masa berdirinya perusahaan, MASA mendapatkan bantuan teknis dari Pirelli (perusahaan ban asal Italia) dan kemudian dilanjutkan dengan bantuan teknis dari Continental GMbh asal Jerman. Perusahaan ini mulai menapaki kesuksesan setelah diambil alih oleh PT Indokemika Jaya dan PVP XVIII Pte Ltd pada tahun 2004.

Akuisisi ini membawa beberapa perubahan pada struktur manajeman perusahaan, yaitu dengan restrukturisasi dan konversi pinjaman menjadi ekuitas, kemudian dilanjutkan dengan Initial Public Offering (IPO) atau penawaran umum saham perdana. Kucuran dana dari IPO membuat MASA mampu meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi mereka, sekaligus menjadi langkah awal kesuksesan perusahaan.

Selama lebih dari 30 tahun berkecimpung di dunia manufaktur ban, MASA telah dianugerahi berbagai macam penghargaan. Pada tahun 2017, MASA memperoleh penghargaan dari Stellar Workplace Award untuk kategori The Indonesian Global Brand 2017. Sementara pada event Social Media Award tahun 2018, MASA berhasil menyabet gelar Great Performing Brand in Social Media.

Dalam mewujudkan tekadnya untuk menjadi salah satu perusahaan ban terdepan di Indonesia, MASA mengklaim memiliki visi besar yaitu “Sebagai pemimpin dan trendsetter dana industri ban” serta misi “Untuk membuat dunia lebih baik dan sejahtera”, seperti dikutip dalam situs resmi perusahaan.

Sementara itu dalam menjalankan kegiatan operasional bisnis mereka, baik secara internal dengan para staf perusahaan maupun secara eksternal terkait hubungan dengan para pelanggan, MASA memiliki 5 nilai utama yang selalu diklaim menjadi pegangan mereka.

  • Beriman: Bekerja dianggap sebagai ibadah sehingga memberikan yang terbaik baik perusahaan dan masyarakat merupakan sebuah keharusan.
  • Jujur dan Bertanggung Jawab: Kesiapan dalam menerima, menjalankan, serta menyelesaikan semua tugas dan kewajiban dengan benar, sesuai aturan perusahaan yang berlaku.
  • Sinergi: Kerja sama yang baik dan efektif antar individu dan kelompok dengan cara saling mengingatkan dan menjaga supaya tercapai keberhasilan tujuan perusahaan.
  • Proaktif: Memiliki inisiatif untuk melakukan sebuah pekerjaan tanpa harus menunggu perintah dan berani menyampaikan ide.
  • Loyal: Bangga menjadi bagian dari perusahaan dan setiap kepada perusahaan untuk mencapai yang terbaik.

Komitmen Perusahaan Terhadap Produk yang Dibuat

Sebagai sebuah perusahaan besar yang produknya sudah dipercaya oleh masyarakat global, MASA mengklaim berkomitmen untuk terus menghasilkan ban yang berkualitas, tidak berhenti berinovasi, dan berupaya menjawab tantangan-tantangan yang ada. Secara berkala MASA mengembangkan berbagai macam produk baru, seperti ban radial untuk truk hingga ban TBR untuk bus. Karena kualitasnya yang sudah terpercaya, produk-produk baru tersebut dipercaya berkualitas walau jumlahnya hanya sedikit.

MASA telah mengurus banyak sertifikasi seperti ISO/TS 16949:2009 dan ISO IEC 17025:2008 untuk Quality Management System. Sertifikat lainnya yang berhasil diperoleh MASA antara lain CCC, SNI, BIS, DOT, GSO, ECE, dan Inmetro.

Pada Maret 2018, PT. Multistrada Arah Sarana Tbk telah beralih kepemilikan menjadi milik Michelin setelah saham mayoritas dibeli dengan nilai Rp6,78 triliun.

Berdasarkan situs Idnfinancials.com (diakses 3 Agustus 2020), komposisi kepemilikan saham PT. Multistrada Arah Sarana Tbk. adalah sebagai berikut:

  • Compagnie Generale Des Etablissement Michelin dengan kepemilikan 9.149.766.702 (Saham) dengan nilai 136.846.648 (USD) dan persentase 99,60%;
  • Public dengan kepemilikan 33.180.243 (Saham) dengan nilai 496.254 (USD) dan persentase 0,04%.

Alamat

Kantor pusat:
Wisma Achilles, Jl. Panjang No. 29, Kedoya Selatan, Jakarta Barat 11510, Telepon: 021 56952323

Pabrik:
Km 58,3, Desa Karangsari, Jalan Raya Lemah Abang, Karangsari, Cikarang Timur, Karangsari, Kec. Cikarang Tim., Bekasi, Jawa Barat 17530

Website

https://www.multistrada.co.id/ (Indonesia)

Perburuhan

Sebagai perusahaan yang berada di bawah naungan Michelin, maka PT. Multistrada Sarana Abadi Tbk juga tentunya mengikuti ketentuan kode etik Michelin.

Berdasarkan dokumen kode etik yang diakses di https://www.michelin.com/en/documents/michelin-code-of-ethics-2/, Michelin menyatakan kode etik untuk perusahaan pemasoknya adalah sebagai berikut.

Michelin ingin memastikan bahwa pemasok dan penyedia jasanya menghormati prinsip-prinsip yang setara dengan yang ditetapkan oleh Kode Etik Grup, terutama mengenai penghormatan terhadap hak asasi manusia, dan bahwa mereka mempromosikan prinsip yang sama dalam hubungannya dengan pemasok dan kontraktor.

Michelin terutama meminta pemasok dan subkontraktornya menghormati hal berikut ini:

  • Peraturan internasional khususnya Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, Ringkasan Global (Global Compact) dan Panduan OECD;
  • Ketentuan hukum dan peraturan mengenai hukum perburuhan yang berlaku di negeri tersebut (tingkat upah, waktu kerja, kebebasan berserikat);
  • Peraturan fundamental ILO, khususnya konvensi buruh anak, kerja paksa, kerja wajib, menghormati kebebasan berserikat dan hak berunding, dan non-diskriminasi;
  • Martabat manusia melalui kondisi kerja wajar (dapat diterima);
  • Peraturan keamanan, keselamatan dan kesehatan, untuk membatasi dampak kegiatan pada keselamatan dan keamanan personel, dan komunitas yang berada di dekat instalasi;
  • Peraturan keselamatan yang berlaku di tempat Michelin di mana mereka bekerja.

Upaya ini, yang diambil oleh Grup Michelin, untuk bertindak secara bertanggung jawab dan etis mengenai karyawan, mitra dan masyarakat setempat, harus dipahami dan dihormati oleh Anda semua. Kewaspadaan dan keterlibatan untuk setiap orang sangat penting agar pendekatan ini abadi.

Berdasarkan hal ini, buruh yang bersolidaritas untuk buruh PT. Sum Hing Indonesia melakukan aksi ke kantor Michelin Indonesia di Pondok Indah Office Tower, Jl. Sultan Iskandar Muda, Jakarta Selatan, pada 19 Juli 2020, untuk meminta Michelin melakukan penegakan etik di PT. Sum Hing Indonesia. Baca juga: Ban Michelin Dipakai MotoGP, Buruh Vendornya Menjerit

Selain masalah perburuhan, aksi demo juga pernah terjadi pada 21 Juli 2020 di depan pabrik Multistrada yang dilakukan oleh ratusan warga warga Desa Karangsari  yang menuntut diberikannya pekerjaan kepada masyarakat setempat dan dikembalikan akses jalan yang menhubungkan antara Kp. Citarik Menye RT/RW 03/04 dan Kp. Kalenderwak RT/RW 01/02 karena lahan jalan itu adalah tanah adat.

Serikat buruh di perusahaan ini adalah Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI).

***

Berita sumber:

  • https://market.bisnis.com/read/20190306/192/896860/michelin-resmi-beli-saham-multistrada-arah-sarana-masa, diakses pada 3 Agustus 2020;
  • https://aktualindonesia.com/2020/07/21/polisi-lakukan-pengamanan-aksi-unras-ratusan-warga-di-cikarang-timur/, diakses 3 Agustus 2020.
Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Solidaritas.net
Average rating:  
 0 reviews
* Ingin bergabung menjadi anggota serikat buruh? Hubungi FSEDAR di WhatsApp: +62 877-8801-2740
** Lihat cara berkontribusi di Solidaritas.net di Kontribusi
Informasi pada KONDISI KERJA dapat diulas, diberikan penilaian dan digunakan sebagai informasi untuk membantu advokasi perburuhan, serta mungkin tidak akurat, sehingga harus diperbarui.