PT Nanbu Plastics Indonesia

pabrik nanbu plastic indonesia
Foto: Eko Za/Google Images

PT Nanbu Plastics Indonesia adalah perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dari Jepang yang bergerak di bidang plastic injection molding yang didirikan pada Januari 2010. Produk perusahaan ini semua terbuat dari bahan baku plastik yang mencakup berbagai kebutuhan seperti peralatan medis, komponen kendaraan, peralatan elektronik, dan lain sebagainya.

Nanbu Plastics Indonesia merupakan anak perusahaan dari Nanbu Plastics Co., Ltd. yang bermarkas di Shizuoka, Jepang. Nanbu Plastics didirikan pada Oktober 1981, bergerak di bidang manufaktur, pemasaran, dan penjualan resin sintetis serta plastic molding. Produk-produk perusahaan ini digunakan untuk peralatan rumah tangga, perlengkapan informasi, perlengkapan perumahan, perlengkapan medis, dan perlengkapan presisi. Hingga saat ini, Nanbu Plastics masih berstatus sebagai perusahaan swasta.

Total modal dari Nanbu Plastics, seperti yang dituliskan dalam situs resminya, adalah 1.8 miliar yen. Jabatan presiden perusahaan kini dipegang oleh Hisashi Kuroda. Tercatat per Desember 2019, Nanbu Plastics memiliki 2,574 karyawan tetap dan 864 karyawan tidak tetap.

Bidang Usaha Nanbu Plastics

Kegiatan operasional Nanbu Plastics meliputi:

  • Molding, processing, dan penjualan resin sintetis.
  • Desain mold, prototipe, manufaktur, dan penjualan.
  • Manufaktur dan penjualan perlengkapan medis dan mesin medis.
  • Manufaktur dan penjualan peralatan kesehatan.
  • Manufaktur dan penjualan kain pelapis (upholster), furnitur, perlengkapan pencahayaan, perlengkapan dapur, dan aksesoris.
  • Manufaktur dan penjualan bahan dekorasi arsitektural.
  • Manufaktur dan penjualan mesin elektronik rumah tangga.
  • Manufaktur dan penjualan pabrik keramik
  • Desain, konstruksi, produksi, operasional, perawatan, leasing, rental, mediasi dan penjualan perlengkapan dan peralatan yang berkaitan dengan bidang-bidang di atas yang dilengkapi dengan panduan teknis.

Visi yang diusung oleh Nanbu Plastics dalam menjalankan kegiatan usaha mereka adalah “Tantangan dan perubahan. Menciptakan masa depan bumi dan masyarakat.”

Sementara itu, nilai-nilai yang penting bagi perusahaan untuk diimplementasikan meliputi:

  • Penyediaan produk dan layanan yang ramah terhadap lingkungan global dan dengan tulus merealisasikan masyarakat yang aman dan nyaman bagi semua orang.
  • Menciptakan nilai baru dan memberikan kepuasan serta kebahagiaan bagi para konsumen.
  • Meningkatkan nilai perusahaan dan memenuhi ekspektasi para pemegang saham.
  • Menciptakan kultur perusahaan yang memungkinkan para karyawan untuk bekerja dengan rasa bangga dan berani menghadapi tantangan.

Alamat

Pabrik:
Kawasan Industri MM2100, Jalan Bali I No. 16, Gandamekar, Kec. Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat

Kantor Pusat di Jepang:
350-1 Ohata Yoshida-cho Haibara-Gun, 421-0305 Japan

Website

www.nanbu.co.jp (website global)

Kasus Perburuhan

Selama beroperasi di Indonesia 10 tahun lamanya, Nanbu Plastics pernah mengalami berbagai kasus perburuhan yang melawan para pekerjanya.

Pada tahun 2015, Serikat Buruh Bumi Manusia (SEBUMI) melaporkan pemagangan yang terjadi di PT Nanbu Plastic Indonesia ke Pengawas Ketenagakerjaan. Merasa prosedur pemeriksaan tidak benar dijalankan, serikat melaporkan pengawas ke Ombudsman Jawa Barat.

Akhir tahun 2016, Nanbu melaporkan dua pekerjanya ke kepolisian dengan menggunakan UU Informasi dan Transaksi Elektronik. Kasus ini kemudian tidak berlanjut penyelidikan maupun penyidikannya.

Pada 2017, kembali buruh memperselisihkan masalah buruh harian ke Dinas Tenaga Kerja di mana buruh akhirnya dipekerjakan sebagai karyawan tetap, namun pada tahun 2018, buruh dikenai PHK bersama belasan pengurus SEBUMI. Kembali buruh melakukan demonstrasi sehingga PHK dapat dibatalkan untuk sebagian yang belum mengambil pesangon. Dalam kasus ini, seorang pengurus serikat buruh sempat menerima ancaman di rumahnya.

Baca juga:

Selanjutnya, Nanbu juga tersandung kasus terkait kecelakaan kerja yang menimpa salah satu karyawan mereka di tahun 2016. Ketika itu, Serikat Buruh Bumi Manusia (SEBUMI) melaporkan terjadinya kecelakaan yang menimpa TNS, salah satu karyawan di Nanbu Plastics.

Akibat kecelakaan yang dialami saat bekerja, TNS mengalami cacat permanen pada jari tengah tangan kanan. Kecelakaan ini dialami pada 26 September 2016 ketika bekerja lembur di jam 18.00 WIB. Setengah ruas jari tengah TNS terpotong mesin press yang saat itu sedang ia gunakan. Keesokan harinya, TNS mendengar pernyataan dari dokter bahwa jari tengahnya tidak dapat disambung lagi.

TNS mengadukan kecelakaan yang dialaminya kepada HRD, namun pihak HRD menyarankan TNS untuk melakukan amputasi jari tengah menggunakan BPJS Kesehatan. Kasus ini terus berlanjut hingga pada Januari 2018 pihak perusahaan memutus hubungan kerja secara sepihak dengan alasan kontrak telah berakhir tanpa mempertimbangkan kondisi TNS yang membuatnya sulit mencari pekerjaan baru.

Kasus terus bergulir sampai dengan tahun 2019, hingga akhirnya TNS dipekerjakan kembali oleh PT. Nanbu Plastic Indonesia, bersama dengan tiga pekerja kontrak lainnya.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Solidaritas.net
Average rating:  
 0 reviews
* Ingin bergabung menjadi anggota serikat buruh? Hubungi FSEDAR di WhatsApp: +62 877-8801-2740
** Lihat cara berkontribusi di Solidaritas.net di Kontribusi
Informasi pada KONDISI KERJA dapat diulas, diberikan penilaian dan digunakan sebagai informasi untuk membantu advokasi perburuhan, serta mungkin tidak akurat, sehingga harus diperbarui.