PT. NSK Bearings Manufacturing Indonesia

Foto: Eko Za (Google Image)

PT NSK Bearing Manufacturing Indonesia adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi berbagai macam bantalan yang terkemuka di seluruh dunia. Perusahaan ini adalah bagian dari Bearing Group yang berpusat di Jepang. NSK Bearing sendiri sudah berdiri sejak tahun 1994 di Bekasi.

Sejak awal berdiri hingga saat ini, NSK Manufacturing telah melayani konsumen di seluruh Indonesia dengan produk-produk berkualitas tinggi, mengedepankan pelayanan konsumen yang terbaik, serta alur distribusi yang optimal.

Tujuan dari perusahaan ini adalah menjadi lebih menonjol di antara para pesaingnya dengan pengembangan produk-produk baru dan memberikan produk dengan kualitas dan biaya yang setara dengan produk lain di seluruh dunia.

Yang menjadi sasaran utama dari perusahaan ini adalah memberikan respon terhadap setiap permintaan dan kebutuhan unik setiap konsumen. Peningkatan Kualitas serta Biaya dan Pengiriman menjadi kunci utama perusahaan untuk meningkatkan nama brand NSK.

Perusahaan induk dari NSK Bearing, yaitu NSK Ltd. Bearing Group memfokuskan kegiatan produksinya pada berbagai macam bantalan dan menjualnya ke seluruh dunia. Macam produk bantalan yang diproduksi antara lain bantalan SKF dari Swedia, bantalan FAG-INA dari Jerman, bantalan TIMKEN dari Amerika, bantalan SAMICK dari Korea Selatan, bantalan SNR dari Prancis, serta NTN, NSK, THK, IKO, FYH, NMB, EZO, dan ASAHI yang semuanya berasal dari Jepang.

Bearing adalah komponen yang dibutuhkan oleh semua jenis mesin agar bisa beroperasi dengan baik sepert mobil, kereta api, pesawat terbang, mesin pencuci, kulkas, mesin fotokopi, komputer, satelit, dan masih banyak lagi.

NSK sendiri merupakan singkatan dari Nippon Seikō Kabushiki-gaisha, didirikan oleh Takehiko Yamaguchi dan Takahashi Korekiyo di Tokyo pada tanggal 8 November 1916. Setelah beroperasi selama lebih dari 100 tahun, NSK menjadi perusahaan yang memproduksi bearing terbesar di Jepang.

NSK Bearing memiliki 144 kantor cabang di berbagai negara di seluruh dunia. Per tahun 2018, jumlah karyawan NSK di seluruh dunia adalah 31.860 orang. Seluruh cabang NSK di seluruh dunia memproduksi sekitar 3 juta buah bearing tiap hari dengan diameter 1 mm hingga 5 meter.

Baca juga: PT. Nagai Plastic Indonesia

NSK Bearing Indonesia tercatat memiliki 1,859 orang karyawan per 31 Maret 2010. Untuk menjaga dan terus meningkatkan kualitas produk mereka, NSK Bearing Indonesia telah mengantongi ISO14001.

Dalam menjalankan aktivitas bisnisnya, NSK Bearing tidak hanya mengutamakan kualitas produk dan kepuasan konsumen saja, tetapi juga keselamatan lingkungan. Dalam pernyataan misi yang dikutip dari situs resmi perusahaan, NSK mengklaim berkontribusi terhadap keamanan dan kenyamanan masyarakat, serta membantu melindungi lingkungan global melalui inovasi teknologi bernama Motion & Control™.

Sebagai jaringan perusahaan internasional, NSK mencoba menembus batas antar negara intik meingkatkan hubungan antar masyarakat di seluruh dunia. Sementara itu, prinsip-prinsip manajemen yang diklaim dianut oleh perusahaan antara lain adalah:

  1. Memberikan solusi yang inovatif dan responsif pada para konsumen dengan teknologi terdepan.
  2. Memberikan tantangan dan kesempatan pada para karyawan, melatih keahlian mereka, mendorong kreativitas dan individualitas para karyawan.
  3. Mengidentifikasi kebutuhan di masa sekarang dan masa mendatang, memenuhi semua kebutuhan tersebut secara fleksibel, tangkas, dan dinamis.
  4. Berkontribusi pada masyarakat di tempat dimana perusahaan beroperasi.
  5. Mengelola bisnis dari perspektif internasional dan mengembangkan kekuatan eksistensi di seluruh dunia.

Alamat

Pabrik:
Blok M4, Kawasan Berikat, MM2100 Industrial Town, Cikarang Barat, Bekasi 17520, Indonesia

Kantor Pusat:
Gedung Summitmas II Lantai 6, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 61-62, Jakarta Selatan 12190. Telp. 021 8980 155

Website

www.nsk.com (global)

Perburuhan

Sebagai produsen bearing, PT. NSK Bearings Manufacturing Indonesia merupakan perusahaan yang penting dalam rantai pasokan otomotif di Indonesia.  Perusahaan ini menjalankan kode etik CSR untuk perusahaan pemasoknya. Kode etik tersebut dapat diakses di https://www.nsk.com/sustainability/supplier/pdf/supplier_csr_guidelines_3rd_eng.pdf.

Poin-poin penting dalam bidang perburuhan, di antaranya:

  • Tidak melakukan diskriminasi;
  • Menghormati hak asasi manusia;
  • Melarang penggunakan tenaga kerja anak;
  • Melarang kerja paksa;
  • Manajemen jam kerja sesuai ketentuan hukum;
  • Upah dan tunjangan yang sesuai;
  • Tempat kerja yang aman dan sehat;
  • Berkomunikasi terbuka dengan pekerja.

Itulah mengapa pernah dalam perselisihan yang terjadi antara pekerja dengan PT. HRS Indonesia sebagai pemasok NSK, buruh juga melayangkan laporan kepada NSK. Baca juga: Buruh PT HRS Indonesia Geruduk NSK, Tuntut Kode Etik

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Solidaritas.net
Average rating:  
 0 reviews
* Ingin bergabung menjadi anggota serikat buruh? Hubungi FSEDAR di WhatsApp: +62 877-8801-2740
** Lihat cara berkontribusi di Solidaritas.net di Kontribusi
Informasi pada KONDISI KERJA dapat diulas, diberikan penilaian dan digunakan sebagai informasi untuk membantu advokasi perburuhan, serta mungkin tidak akurat, sehingga harus diperbarui.