PT Omron Manufacturing of Indonesia

PT. Omron Manufacturing of Indonesia (OMI) merupakan salah satu dari sekian banyaknya anak cabang dari Omron Corporation. Omron Corporation sendiri adalah perusahaan elektronik berskala global yang berbasis di Kyoto Jepang.

Perusahaan besutan Kazuma Tateishi ini telah lama didirikan, yakni pada tahun 1933. Omron merajai bisnis di bidang otomasi sejak lama dan menjadikannya sebagai salah satu perusahaan terkemuka di bidang ini.

Omron menyediakan berbagai macam produk serta layanan diberbagai industri, termasuk otomasi, komponen elektronik, dan kesehatan. Perusahaan ini juga telah dikenal luas sebagai produsen alat-alat kesehatan seperti termometer digital, nebulizer, dan juga monitor tekanan darah.

PT. Omron Manufacturing of Indonesia memfokuskan diri untuk memproduksi berbagai perangkat elektronika, seperti Relay, Switch, Timer, dan Sensor. Produk-produk yang diprodukasi oleh PT. Omron Manufaturing of Indonesia ini diekspor ke berbagai negara yang ada di Eropa, Asia, Australia, dan Amerika Utara.

Perusahaan ini didirikan di Jakarta pada 1 November 2002 dan memiliki pabrik yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Beberapa produk perusahaan ini adalah:

  1. Sensor, dengan kemampuan mendeteksi, mengukur, menganalisa dan memproses berbagai perubahan yang terjadi dalam produksi, termasuk perubahan posisi, ukuran, berat, pergantian dan tampilan.
  2. Switch, yang beroperasi ketika objek mencapai lokasi spesifik dan tombol tekan yang dioperasikan oleh orang.
  3. Safety Component, yang dibutuhkan untuk keamanan dalam peralatan dan fasilitas produksi.
  4. Relay yang digunakan untuk menyambung atau memutuskan sirkuit listrik.

Selain itu, Omron juga memproduksi Control Component, Automation System, Motion/Drives, Robotic dan Energy Conservation Support/Environment Measure Equipment.

Pada tahun 2015, OMI menghasilkan sekitar 191 juta komponen per tahun. Hasil produksi OMI sebanyak 90 persen diekspor ke luar negeri, sedangkan 10 persen sisanya di jual di Indonesia.[1]

Pada tahun 2016, OMI melakukan perluasan pabrik dengan menambah area produksi seluas 6.700 meter persegi dan gudang seluas 4.500 persegi, dengan nilai investasi Rp150 miliar.

Alamat

Kawasan Ejip Plot 5C, Sukaresmi, Cikarang Sel., Bekasi, Jawa Barat 17550

Kasus Perburuhan

(tidak tersedia)


Sumber:

[1] https://www.industrial-tourism.com/industrial/pt-omron-manufacturing-of-indonesia/, diakses 8 November 2019;

[2] https://www.suara.com/bisnis/2016/08/11/155548/bangun-fasilitas-manufaktur-baru-omi-investasi-rp150-miliar

Berkomentar