PT SAKURA JAVA INDONESIA

PT Sakura Java Indonesia adalah perusahaan manufaktur asal Jepang yang memproduksi knalpot merek Sakura. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1995 yang memproduksi muffler OEM dan menjadi salah satu pemasok utama untuk kendaraan motor merek Yamaha. Sakura Java menciptakan knalpot dengan sertifikat ISO 14000.

PT Sakura Java Indonesia merupakan bagian dari perusahaan Jepang bernama Sakura Kogyo Co., Ltd yang beralamat di 18 Handa-cho, Higashi-ku, Hamamatsu-shi, Shizuoka-ken, 431-3124, Japan, TEL.+81-53-434-5316.

Sakura juga menjadi salah satu sponsor dari Yamaha Racing Indonesia yang merupakan salah satu ajang balap terkemuka di Indonesia. Kerja sama antara Sakura dan Yamaha telah berlangsung selama lebih dari 50 tahun di mana Sakura menopang persediaan knalpot untuk motor-motor pabrikan Yamaha.

Apalagi, Yamaha Motor Co. Japan juga menjadi salah satu pemilik saham PT Sakura Java Indonesia dengan kepemilikan saham sebanyak 33 persen, sedangkan sisanya saham mayoritas dimiliki oleh Sakura Kogyo Co., Ltd sebanyak 67 persen.

Perusahaan ini berkomitmen mengembangkan produksi yang efektif dengan mempertimbangan pelestarian lingkungan, penghematan energi dan sumber daya alam. Juga berkomitmen meningkatkan sistem manajemen dan mengembangkan komunikasi bilateral dengan masyarakat setempat serta menjaga keterbukaan kepada masyarakat melalui keterbukaan informasi.

Selain itu, Sakura Kogyo juga berusaha mencapai pertumbuhan industri otomotif yang berkelanjutan, memasok pelanggan dengan produk yang hemat biaya dengan kinerja kecepatan tinggi terutama untuk komponen proses logam seperti muffler sepeda motor.

Selain di Indonesia, Sakura Kogyo juga memiliki cabang di Thailand dengan nama Sakura Industry Thailand, Sakura Exhaust Do Brazil Ltda di Brasil, Sakura Hongming Vietnam Co., Ltd di Vietnam dan Sakura Autoparts India Pvt., Ltd. di India.

Di Indonesia, PT Sakura Java Indonesia berdiri di atas lahan seluas 11 ribu meter persegi di Kawasan Industri EJIP, Cikarang. Merek motor Sakura juga menopang kinerja motor balap Yamaha YZR-M1.

Sakura memiliki sistem produksi tiga hari untuk mempersingkat waktu tunggu dan mengurangi persediaan bahan baku, yakni:

  1. Metal Stamping / Bending
  2. Pengelasan (Welding)
  3. Pelapisan (Plating)
  4. Katalisator (Catalyzers)

 

Alamat

Kawasan East Jakarta Industrial Park Plot. 5E No. 2 – 3 Lemah Abang, Sukaresmi, Cikarang Sel., Bekasi, Jawa Barat 17530, Telp. (021) 8970334.

Kasus Perburuhan

Pada tahun 2010, PT Sakura Java Indonesia pernah menggunakan buruh outsourcing sehingga mendapatkan protes dari buruh dengan salah satu membuat halaman penggemar Facebook: 1000 dukungan hapus karyawan yayasan di pt sakura java indonesia.  

Pada November 2015, buruh PT Sakura Java juga mengikuti pemogokan nasional untuk menuntut kenaikan upah.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Solidaritas.net
Average rating:  
 0 reviews