PT Senopati Fujitrans Logistic Services

Demo buruh Senfu.

PT Senopati Fujitrans Logistic Services (PT. Senfu) adalah perusahaan yang menggabungkan pengetahuan kapabilitas manufaktur dan 3PL (3rd Party Logistic) untuk memberikan layanan end to end pada rantai penawaran. Perusahaan ini bekerja dengan para tenaga profesional yang siap memenuhi apapun kebutuhan konsumen. PT Senfu bergerak dalam bidang pengelolaan gudang, pengelolaan transportasi, layanan pertambahan nilai, dan layanan manufaktur.

Senfu adalah bagian dari PT Senopati yang berdiri pada tahun 1962. Dimulai dari perusahaan jasa muatan dan pengiriman barang domestik, perusahaan ini telah tumbuh dan berkembang menjadi penyedia jasa utama dalam End to End Supply Chain Solutions. Di tahun 2003, PT. SENFU  meraih sertifikasi ISO 9001.

Modal PT. SENFU adalah modal gabungan yang berasal dari Fujitrans Corporation, sebuah perusahaan yang berasal dari Jepang dan PT. Wima Logistic Internasional. PT. SENFU menyediakan jasa pergudangan spare part untuk PT. Krama Yudha Tiga Berlian, perusahaan Mitsubishi Part Center.

Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, PT Senopati membentuk sebuah sistem manajemen khusus yang disebut dengan Senologys (Senopati Logistics System). Senologys adalah sistem pergudangan yang merupakan bagian dari keseluruhan layanan PT Senopati. Sistem ini dikembangkan oleh tim developer perusahaan. Selain Senologys, tim perusahaan juga mengembangkan web based ERP, kontrol produksi, manajemen transportasi, dan lembar pemeriksaan digital.

Senologys sendiri telah diimplementasikan di PT Senopati dan beberapa anak perusahaan mereka, termasuk Senfu.

VISI DAN MISI PERUSAHAAN

Seperti yang tertulis pada situs resmi perusahaan, PT Senopati Fujitrans Logistic Services memiliki visi untuk “Menjadi logistik yang terpercaya dan berorientasi pada konsumen.”

Dalam mewujudkan visi besar tersebut, perusahaan menetapkan beberapa misi seperti

  • Fokus memberikan layanan yang memuaskan pelanggan.
  • Memiliki komitmen jangka panjang dan layanan profesional.
  • Menjadi perusahaan terpilih di mata konsumen dan para karyawan.
  • Menjadi perusahaan terpilih di kalangan pemegang saham.

STRATEGI PERUSAHAAN

Di tengah persaingan perusahaan logistik di Indonesia, PT Senopati Fujitrans Logistic Services memiliki berbagai macam strategi khusus untuk menjadikan diri mereka sebagai yang terdepan. Strategi yang dimiliki oleh perusahaan antara lain adalah:

  • Peningkatan yang terus menerus dalam menciptakan nilai untuk menghadapi tantangan pasar dan kebutuhan konsumen.
  • Menerapkan komunikasi dua arah sebagai rekan kerja.
  • Memberikan solusi yang kreatif dan inovatif.
  • Berpedoman pada integritas, kepercayaan, dan respek.

LAYANAN PERUSAHAAN

Untuk memenuhi tuntutan pasar dan kebutuhan konsumen, PT SENFU memberikan sejumlah layanan utama yang meliputi:

  • Freight forwarding. Menyediakan jasa angkut barang lintas negara dan wilayah dengan jaminan keamanan dan waktu pengiriman yang cepat.
  • Container Depo Facility & Solution. Mengelola penataan kontainer yang mudah diakses di area yang aman. Menawarkan handling untuk kontainer dan pengelolaan barang-barang berbahaya.
  • Supply Chain Consulting. Bertekad untuk mendukung Anda dalam mengembangkan Logistic Model yang meliputi Data Analysis, Potential Logistic Solution, dan Cost Simulation dengan pendekatan terstandardisasi.
  • WMS & TMS Solution. Menciptakan tambahan nilai pada konsumen untuk optimisasi layout pergudangan demi visibilitas yang lebih baik.
  • Value Add Service. Memberikan layanan yang lebih dalam memenuhi permintaan spesifik seperti co-packing, kitting, dan labeling sesuai dengan standar konsumen.

Website

https://www.senfu.co.id/ (website Indonesia)

https://www.fujitrans.co.jp/en/ (website perusahaan induk, Fujitrans)

Alamat

Jalan Boulevard Barat Raya Blok LC VI No. 62-63 RT 13 RW 7, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Kasus Perburuhan

Pada akhir tahun 2018, PT Senfu mendapatkan protes keras dari Komite Solidaritas Perjuangan Buruh (KSPB) Indonesia terkait pelanggaran aturan ketenagakerjaan.

Gudang spare part Mitsubishi yang dikelola oleh PT Senfu di kawasan MM2100 Cikarang mempekerjakan buruh outsourcing dari PT. Graha Indotama Taramadina. Buruh telah mendapatkan Nota Pengawas Nomor 560/B-7429/UPTD-WIL-II/XII/2018 tanggal 4 Desember 2018 yang pada pokoknya bahwa PT. Senopati Fujitrans Logistic Services harus mempekerjakan kembali 73 buruhnya dengan status sebagai buruh dari PT. Senopati Fujitrans Logistic Services.

Selain itu, telah ada Anjuran Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bekasi nomor 565/4669/Disnaker tertanggal 4 September 2019 yang menyatakan hal-hal sebagai berikut:

  1. Agar hubungan kerja antara Sdr. Abdul Rahman, dkk (45 orang) dengan PT. Graha Indotama Taramadina beralih menjadi hubungan kerja antara para pekerja tersebut dengan PT. Senopati Fujitrans Logistic Services;
  2. Agar hubungan kerja antara Sdr. Abdul Rahman, dkk (45 orang) dengan PT. Senopati Fujitrans Logistic Services didasarkan atas Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT) terhitung sejak terjadinya hubungan kerja;
  3. Agar pengusaha PT. Senopati Fujitrans Logistic Services membayar hak-hak pekerja sebagaimana biasa selama para pekerja tidak dipekerjakan.

Namun, PT. SENFU tidak bersedia menjalankan nota pengawas maupun Anjuran Disnaker. Aspek-aspek lain yang tertera dalam gugatan mereka antara lain adalah diskriminasi terhadap makanan, tidak adanya fasilitas transportasi bagi para pekerja, memberhentikan atau mem-PHK buruh yang bermaksud mendirikan serikat, serta tidak ada pemenuhan terhadap hak-hak buruh yang lainnya.

Dalam permasalahan ini, pihak buruh juga menuntut tanggung jawab sosial Mitsubishi Motors sesuai dengan dokumen Supplier CSR Guidelines Mitsubishi.  Dalam dokumen ini, Mitsubishi Motors menyatakan agar rekan bisnisnya melaksanakan CSR dalam kerja sama dengan Mitsubishi. Salah satu komitmen yang harus dijalankan oleh rekan bisnis Mitsubishi adalah pemenuhan hak asasi manusia (HAM) dan hak buruh yakni penghapusan diskriminasi; menghormati hak asasi manusia; larangan penggunaan buruh anak; larangan kerja paksa; gaji dan upah sesuai upah minimum; jam kerja sesuai ketentuan; diskusi dan negosiasi dengan pekerja; lingkungan kerja yang sehat dan aman, serta; tidak menggunakan bahan mentah seperti mineral terkait konflik yang menyebabkan masalah sosial.

Perbandingan makanan buruh PT SENFU.
Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Solidaritas.net
Average rating:  
 0 reviews
* Ingin bergabung menjadi anggota serikat buruh? Hubungi FSEDAR di WhatsApp: +62 877-8801-2740
** Lihat cara berkontribusi di Solidaritas.net di Kontribusi
Informasi pada KONDISI KERJA dapat diulas, diberikan penilaian dan digunakan sebagai informasi untuk membantu advokasi perburuhan, serta mungkin tidak akurat, sehingga harus diperbarui.