PT. Shindengen Indonesia

0
Kredit foto: Google Map

PT Shindengen Indonesia merupakan sebuah perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang manufaktur suku cadang kendaraan bermotor. Lokasi perusahaan ini ada di Bekasi, Jawa Barat, sementara perusahaan induknya bermarkas di Tokyo, Jepang. PT Shindengen Indonesia didirikan pada tanggal 14 November 2001 dan mulai dikomersilkan pada tahun 2002.

Perusahaan induknya yang berada di Jepang bernama Shindengen Electric Manufacturing Co., Ltd. yang didirikan pada 16 Agustus 1949. Dikenal sebagai salah satu perusahaan terbesar di Jepang, produk Shindengen dikirimkan ke berbagai negara di seluruh dunia dan memiliki total 4,956 orang karyawan per 31 Maret 2018.

Jaringan global Shindengen meliputi banyak negara. Cabang perusahaan ini dapat ditemukan di Korea Selatan, Amerika Serikat, Singapura, Inggris, Jerman, Hong Kong, Taiwan, Tiongkok, dan negara di Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Menurut laporan yang diambil dari situs resmi perusahaan induk Shindengen, pada tahun 2019 tercatat penghasilan bersih perusahaan secara global mencapai 92,9 miliar yen (sekitar 124 triliun rupiah). Penghasilan terbesar didapatkan dari segmen elektronik mobil sebesar 55.6%, dari alat elektronik sebesar 33.3%, dan segmen lain sebesar 11.1%.

Komitmen dan Filosofi Perusahaan

PT Shindengen memegang motto “Memaksimalkan efisiensi konversi energi demi keuntungan umat manusia dan masyarakat. Sementara itu, filosofi yang dipegang oleh manajemen perusahaan dalam menjalankan bisnis adalah “Bersama dengan masyarakat, konsumen kami, dan karyawan kami” yang memiliki tiga makna yaitu:

  • Aktivitas kami harus mengarah pada perbaikan masyarakat
  • Hasrat kami akan kualitas harus meningkatkan kepercayaan konsumen
  • Karyawan kami harus memiliki kesempatan untuk terlibat di semua tingkatan

Sebagai suatu kesatuan, Shindengen Group terus berupaya untuk mendapatkan seri ISO 9000 yang merupakan standar internasional sistem manajemen yang memastikan kualitas barang yang diproduksi oleh perusahaan. PT Shindengen Indonesia telah memiliki sertifikasi ISO 9001 yang terus diperbarui.

Shindengen merupakan perusahaan yang mengklaim sangat peduli terhadap lingkungan, terlihat dari filosofi manajemen CSR mereka. Untuk menunjukkan kontribusi terhadap kemajuan masyarakat dan kemakmuran umat manusia, Shindengen berkomitmen untuk menjadi good corporate citizen yang membanggakan bagi karyawan mereka, dipercaya oleh para konsumen, dihormati oleh masyarakat, dan menjaga kelestarian lingkungan.

Shindengen terus berupaya memproduksi barang-barang yang hanya berdampak ringan pada lingkungan, namun besar manfaatnya untuk masyarakat. Perusahaan ini menggunakan Perjanjian Paris dan Sustainable Development Goals dari PBB untuk mengontrol dampak lingkungan dan perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas produksinya.

Menurut laporan CSR perusahaan tahun 2019, Shindengen telah menyumbangkan 100 buah pohon mangga untuk mendukung pelestarian hutan yang ditanamkan di Bekasi sebagai wilayah aktivitas produksi.

Shindengen mengklaim mengedepankan kepuasan konsumen untuk setiap produk yang diluncurkan. Komitmen untuk memberikan produk yang terbaik dan hanya memberi sedikit dampak pada lingkungan diterapkan di semua lini manajemen perusahaan dan diwujudkan dalam sebuah sistem manajemen mutu yang terkontrol.

Menurut panduan mutu yang tertera pada ISO 9001 tahun 2015, sistem manajemen mutu harus diterapkan secara efektif, efisien, selalu terjaga, dan harus diawasi secara berkala. Komitmen terhadap jaminan mutu ini didukung oleh staf manajerial dan industrial yang kompeten dalam menghasilkan produk-produk berkualitas untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan konsumen.

Salah satu produk dari PT Shindengen Indonesia adalah capacitor discharge ignition (CDI) atau sistem pengapian kondensator (kapasitor) yang digunakan oleh kendaraan bermotor Suzuki Shogun yang dipercaya memiliki kurva pengapian yang mantap dan tanpa limiter.

Alamat

Kawasan Greenland International Industrial Center(GIIC), Blok AD No.02 Kota Deltamas, Desa Nagasari, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi – 17330 Indonesia

Website

www.shindengen.com

Kasus Perburuhan

Buruh PT Shindengen pernah terlihat terlibat dalam unjuk rasa besar-besaran pada 27 Januari 2012 saat menolak tindakan Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) yang menggugat SK Gubernur Jawa Barat tentang Penetapan Upah Minimum di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung. Saat itu, kenaikan upah mencapai Rp400.000 yang mendapatkan sambutan luas dari buruh Bekasi. Rencana Apindo yang ingin membatalkan keputusan tersebut, menuai protes besar-besaran dari kalangan buruh.

(Lainnya belum tersedia)

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Solidaritas.net
Average rating:  
 0 reviews
* Ingin bergabung menjadi anggota serikat buruh? Hubungi FSEDAR di WhatsApp: +62 877-8801-2740
** Lihat cara berkontribusi di Solidaritas.net di Kontribusi
Informasi pada KONDISI KERJA dapat diulas, diberikan penilaian dan digunakan sebagai informasi untuk membantu advokasi perburuhan, serta mungkin tidak akurat, sehingga harus diperbarui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *