PT. SUMCO INDONESIA

0

Sumco Indonesia adalah produsen logam bukan besi, silicon wafers. Mitsubishi Materials Silicon Corporation menjadi perusahaan induk dari PT. Sumco Indonesia.

Sumco Indonesia telah mulai beroperasi pada tahun 1997 dengan nama PT. MSIL Indonesia. Perubahan nama PT. MSIL Indonesia ke PT. Sumco Indonesia terjadi di tahun 2002. Saat itu, Mitsubishi Materials Silicon Corporation bekerjasama dengan Sumitomo Metal Industries Ltd. Kedua perusahaan sepakat mengubah nama PT. MSIL menjadi Sumitomo Mitsubishi Silicon Corporation atau Sumco pada tahun 2005.

Sumco Indonesia berlokasi di MM2100 Industrial Town, Cikarang Barat, Bekasi. Sejak tahun 2003, PT. Sumco Indonesia telah meraih penghargaan di bidang keselamatan kerja atau SMK3. Sumco menjadi perusahaan pertama yang memiliki area produksi terbersih di Indonesia.

Penghargaan lain yang berhasil diraih PT. Sumco Indonesia adalah ISO/TS16949 atau sertifikasi sistem manajemen di bidang kualitas. Di tahun yang sama, PT. Sumco Indonesia mendapatkan penghargaan lingkungan atau ISO14001.

Visi PT. Sumco Indonesia untuk memproduksi produk berkualitas dan berbeda daripada yang lain. Hal ini diwujudkan melalui pemanfaatan teknologi yang canggih untuk meningkatkan profil pasar.

Produk silicon wafer digunakan dalam pada berbagai produk manufaktur, seperti otomotif. Permintaan pasar terhadap silicon wafer 200 mm kian meningkat, seiring tingginya produksi mobil berpengemudi otomatis. Silicon wafer 200 mm diketahui berfungsi sebagai semikonduktor serta perangkat elektronik pada mobil otomatis.

Sumco Indonesia juga memproduksi silicon wafer berukuran 300 mm. Fungsi silicon silicon wafer 300 mm sering ditemukan pada memori. Perangkat memori tentu meningkat bersamaan permintaan pasar terhadap produk smartphone. Memori jadi bagian perangkat yang terdapat di dalam ponsel tersebut.

Pada April 2019 lalu, PT. Sumco Indonesia bersama 27 perusahaan lain di Bekasi mengajukan gugatan ke Mahkamah Agung. Gugatan diajukan untuk menindaklanjuti Peraturan Pemerintah Tenaga Kerja atau Perdanaker Bekasi. Beberapa pasal dinilai merugikan pihak perusahaan, sebab memihak kepada para pekerja. Tuntutan ditolak oleh Mahkamah Agung dan Perdanaker resmi berlaku.

Sumco Indonesia dan 27 perusahaan lain harus membayarkan upah pekerja di atas upah minimum yang berlaku di Bekasi. Perusahaan harus memberikan kesempatan kerja kepada para pekerja lokal. Masyarakat sekitar diberi kesempatan untuk bisa mendaftarkan diri sebagai pekerja tetap. Poin Perdanaker bertujuan meningkatkan dan memeratakan kesejahteraan masyarakat sekitar. Pekerja lokal berperan penting pula dalam bidang produksi perusahaan.

Sumber:

http://sumcoindonesia.co.id

https://en.perusahaanjepang.com/company/pt-sumco-indonesia/

https://buruh-online.com/2019/04/keberatan-perdanaker-bekasi-diberlakukan-ma-tolak-tuntutan-28-perusahaan.html

* Ingin bergabung menjadi anggota serikat buruh? Hubungi FSEDAR di WhatsApp: +62 877-8801-2740
** Lihat cara berkontribusi di Solidaritas.net di Kontribusi
Informasi pada KONDISI KERJA dapat diulas, diberikan penilaian dan digunakan sebagai informasi untuk membantu advokasi perburuhan, serta mungkin tidak akurat, sehingga harus diperbarui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *