PT. Yan Jin Indonesia

Lokasi PT. Yan Jin Indonesia (foto mungkin memiliki hak cipta)

PT. Yan Jin Indonesia adalah perusahaan Indonesia yang berdiri sejak tahun 1994 di lahan seluas 10.400m2 di kawasan EJIP. Perusahaan ini bergerak di bidang stamping logam, heat sink, komponen mekanis untuk elektronik dan keperluan industri termasuk industri otomotif.

Yan Jin Indonesia.  telah mengalami beberapa kali pergantian pemegang saham. Sejak tahun 1994 hingga 2016 tercatat beberapa pemegang saham. Diantaranya Sumitomo Corporation, Iwai Metal Fabrication, Yan Jin Malaysia Sdn Bhd, Sumisho Metalex Corporation, Nalco Iwai Co, Ltd Japan. Tahun 2016 hingga sekarang, pemegang saham Yan Jin Indonesia adalah UACJ Metal Component Corporation Jepang yang berdiri sejak tahun 1944 dengan modal sebesar 80 juta yen. UAJC merupakan salah satu perusahan logam terbesar di dunia yang memiliki perusahaan afiliasi di beberapa negara seperti Meksiko, China dan Amerika. Dalam laporan keuangan yang diterbitkan pada bulan Maret 2020,  perusahaan ini memiliki total aset bersih sebesar 12,9 juta Yen. Perusahaan ini mempekerjakan sekitar 220 orang karyawan.

Komitmen Perusahaan

Yan Jin Indonesia berkomitmen untuk mempertahankan kualitas produk sesuai standar kualitas internasional, serta mengembangkan kualitas pelayanan kepada para pelanggannya. Hal ini bertujuan agar terjalin hubungan bisnis jangka panjang dan saling menguntungkan. Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan memiliki tenaga ahli yang berpengalaman, dan berdedikasi, serta kelengkapan infrastruktur.

Untuk menunjang proses produksi, perusahaan menggunakan mesin berteknologi tinggi seperti mesin cutting, stamping dan welding. Dalam menjamin kualitas produk, perusahaan menjalankan quality control (pengendalian mutu) produknya mulai dari sebelum produksi hingga memastikan produk tidak mengalami kerusakan atau cacat sebelum sampai ke pelanggan.

Kasus ketenagakerjaan

Dalam artikel yang tayang di situs resmi perusahaan per 24 Juni 2020, pekerja Yan Jin sering mengalami kecelakaan kerja yang mengakibatkan luka serius. Kasus kecelakaan kerja tidak hanya menimpa pekerjanya di cabang perusahaan luar negeri, tetapi juga di Indonesia.

Pihak manajemen Yan Jin Indonesia kemudian mengeluarkan aturan agar setiap mesin pabrik yang memiliki komponen berputar atau bergerak harus menggunakan penutup atau pelindung. Kebijakan ini dikeluarkan sebagai upaya perusahaan untuk mengurangi bahaya kecelakaan kerja, sesuai semboyan zero accident, zero claim (nol kecelakaan nol klaim). Pihak manajemen perusahaan juga mengimbau para staf dan pekerjanya untuk mengutamakan keselamatan kerja dan meminta para pekerjanya untuk berkonsentrasi dalam melaksanakan pekerjaannya.

Sementara dalam artikel lain yang terbit 11 Mei 2020, mengungkapkan bahwa selama pandemi Corona, perusahaan tetap beroperasi. Namun 60 orang pekerja kontrak dirumahkan akibat dari penjualan yang menurun drastis.

Alamat

Jalan Langsana Raya, East Jakarta Industrial Park (EJIP) Plot 8-H Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat 17550;
Telp: (021) 8970184/ 8970187 (hunting)
Email: inokura@yanjin.co.id, asmono@yanjin.co.id.

Alamat perusahaan induk

2-10-8 Ryogoku, Sumida-ku, Tokyo

Website

uacj-yanjin.com
https://umc.uacj-group.com

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Solidaritas.net
Average rating:  
 0 reviews
* Ingin bergabung menjadi anggota serikat buruh? Hubungi FSEDAR di WhatsApp: +62 877-8801-2740
** Lihat cara berkontribusi di Solidaritas.net di Kontribusi
Informasi pada KONDISI KERJA dapat diulas, diberikan penilaian dan digunakan sebagai informasi untuk membantu advokasi perburuhan, serta mungkin tidak akurat, sehingga harus diperbarui.