Serikat Buruh Militan Italia Dukung Perjuangan Buruh AICE

2
Serikat pekerja militan di Italia, Si Cobas (Foto/Radiondadurto.org)

Solidaritas.net – Pemogokan 600-an buruh es krim AICE, PT. Alpen Food Industry selama 30 hari kerja terdengar sampai ke kelas pekerja Internasional. Salah satu serikat buruh militan Italia, Si Cobas mengirimkan surat solidaritas itu kepada Federasi Serikat Buruh Demokratik Kerakyatan (F-SEDAR).

Baca juga: Dukungan untuk Buruh AICE Makin Menguat

Masalah yang paling disoroti Si Cobas ialah terkait buruh perempuan hamil yang dipekerjakan pada shift malam.

“Dengan seyakin-yakinnya menyampaikan solidaritas terhadap perjuangan buruh AICE untuk upah dan kondisi kerja yang lebih baik, dan khususnya untuk perlindungan buruh perempuan hamil,” tulis Koordinator Nasional Si Cobas yang terbit di fsedar.org 10 Maret 2020 kemarin.

Baca: Mahasiswa Palu Turun ke Jalan, Nyatakan Boikot AICE

Si Cobas juga meluapkan kemarahannya atas tindakan pabrik AICE yang berinduk di Singapura itu terhadap pemecatan (PHK) ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Gerakan Buruh Bumi Indonesia (SGBBI) di bawah payung F-SEDAR tersebut.

“Dan (kemarahan atas) dukungan de facto yang diberikan oleh pejabat publik terhadap kepentingan perusahaan yang melawan hak-hak pekerja.”

Sebagai serikat buruh yang sektor pengorganisirannya pada buruh migran dari seluruh dunia di sektor logistik, dan di banyak sektor industri lainnya, sektor jasa dan sektor pertanian.

“Internasionalisme dan perjuangan melawan kapitalisme ada di dalam DNA kami,” tutur Si Cobas.
Si Cobas juga berharap bisa terintegrasi dengan seluruh serikat yang militannya lainnya

“Seperti serikat pekerja F-SEDAR di Indonesia, dalam memperjuangkan dunia yang lebih baik, tanpa eksploitasi dan penindasan.”

Sebelumnya, pesan solidaritas juga datang dari buruh gudang Opel/Vauxhall in Bochum, Jerman, yang menyampaikan penindasan yang diterima oleh buruh AICE tidak dapat diterima oleh buruh di Jerman.

* Ingin bergabung menjadi anggota serikat buruh? Hubungi FSEDAR di WhatsApp: +62 877-8801-2740
** Lihat cara berkontribusi di Solidaritas.net di Kontribusi

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *