SI Cobas Serukan Mogok Solidaritas untuk Rakyat Palestina

0
Ketua SI Cobas, Aldo Milani, dalam sebuah aksi protes. Foto: arsip SI Cobas.

Merespon seruan penuh semangat dari serikat pekerja Palestina, SI Cobas umumkan rencana aksi mogok selama 4 hingga 8 jam yang akan digelar pada hari Jumat, 17/11 dan dilanjutkan hingga Sabtu, 18/11. A

Pemogokan ini untuk menunjukkan dukungan yang tulus terhadap rakyat Palestina sekaligus memprotesĀ  genosida yang tengah berlangsung di Gaza. SI Cobas juga menentang keras dukungan pemerintah Italia terhadap Israel.

SI Cobas turut berpartisipasi dalam aksi unjuk rasa di pelabuhan Genoa di mana kapal armada Israel, ZIM, berlabuh.

Keputusan aksi ini didasari oleh keyakinan SI Cobas bahwa pembantaian yang menimpa warga sipil, termasuk perempuan dan anak-anak di Gaza, harus disikapi lebih dari sekadar ungkapan solidaritas dalam kata-kata. Kelas pekerja internasional perlu menyikapi ini dalam aksi yang nyata.

SI Cobas mengecam pemerintah imperialis Barat dan kapitalis yang mendukung kebijakan zionis dan kolonial Israel yang diskriminatif. Serikat buruh ini ingin menunjukkan adanya oposisi yang semakin tumbuh di kalangan pekerja di tingkat domestik.

Solidaritas formal perlu ditingkatkan menjadi dukungan nyata dan aktif dari pekerja di seluruh dunia. Koordinator Nasional SI Cobas, Aldo Milani, menyoroti alasan dan makna di balik inisiatif tegas ini. “Kami bangga menjadi serikat buruh pertama yang merespons seruan yang ditujukan oleh gerakan serikat buruh Palestina. Kami menyambut siapa saja yang bersedia untuk mogok pada 17 November bersama kami, sebagai bentuk dukungan terhadap perlawanan Palestina dan penolakan terhadap kebijakan negara Israel. Kami juga mengundang semua pihak yang ingin bergabung dalam demonstrasi pada Sabtu, 18 November, di Bologna pukul 3 sore, dengan tujuan yang sama.”

Aksi ini dilakukan untuk mendorong persatuan mereka yang dieksploitasi dan tertindas di Timur Tengah dalam melawan rezim zionis, serta memberikan dukungan kepada perjuangan rakyat Palestina. Seruan SI Cobas diharapkan akan memberikan dampak di tingkat internasional untuk bertindak melawan ketidakadilan sekaligus mendukung perjuangan kaum tertindas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *